Kamis, 19 Mei 2022

واستعينوا بالصبر والصلاة وانها لكبرة الا على الخاشعين الذين يظنون انهم ملقوا ربهم وانهم اليه راجعون

  واستعينوا بالصبر والصلاة وانها لكبرة الا على الخاشعين الذين يظنون انهم ملقوا ربهم وانهم اليه راجعون

Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan solat, dan yang sesungguhnya yang demikian itu sangat berat, kecuali bagi orang -orang yang khusuk, yaitu orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan akan kembali kepada Tuhannya. 

Wahai Yahudi mintalah pertolongan kepada Allah, untuk meninggalkan apa yang kamu cintai diantaranya urusan dunia. Dan mintalah pertolongan kepada Allah untuk masuk apa yang memberatkan hati kamu yang telah beku, untuk menerima agama Muhammad SAW. Dengan kesabaran (menahan diri dari kelezatan dunia) dan minta pertolongan dengan solat karena solat itu sangat berat kecuali bagi mereka yang khusuk ( orang yang condrong dalam ketaatan ).

Orang yang khusuk adalah mereka yang meyakini bahwa mereka akan bertemu Tuhannya dengan perantaran kematian. Dengan demikian sesungguhnya setiap orang yang berpikir tentang kamatian pada setiap saat, maka hatinya tidak akan berpisah dengan kekhusuan, mereka selalu bertaubat karena takut akan kematian,ini yang menguatkan mereka untuk bertaubat. 

Mereka (orang -orang yang khusuk)  meyakini bahwa sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhannya di akhirat kelak, Allah akan membalas amal mereka yang di perbuat selama di dunia. 

يا بنى اسراءيل اذكروا نعمتي التى انعمت عليكم وانى فضلتكم على العالين

Hai Bani Israil ingatlah akan nikmat-Ku yang telah aku anugerahkan kepadamu, dan ( ingatlah pula) bahwasanya aku telah melebihkan kamu atas segala umat. 

Ingatlah Bani Israil sesungguhnya kami ( Allah ) telah memberikan keunggulan kepada bapak kamu atas keberadaan bapak kamu pada jamannya, bukan keunggulan kepada orang sebelum jaman mereka, bukan pula keunggulan orang sesudah jaman mereka.

Jadi pada masa bapak kamu, mereka itu mengungguli para umat-umat. Keunggulan pada jaman bapak mereka ( Yahudi) adalah banyak para nabi dan rasul yang diutus dari kalangan mereka. 

وتقوا يوما لا تجزى نفس عن نفس شيءا ولا يقبل منها شفاعة ولا يؤخذ منها عدل ولا ينصرون

Dan jagalah dirimu dari azab ( kiamat, yang pada hari itu) seseorang tidak dapat membela orang lain walau sedikit pun, dan (begitu pula) tidak diterima dari orang lain syafaat,dan juga tidak bisa diambil tebusan dari orang lain, dan juga orang lain tidak bisa menolong. 

Wahai orang Yahudi,jika engkau tudak beriman nanti di hari kiamat tidak bisa seseorang dapat membela orang lain walau sedikit pun.

Pada qiraat Ibnu Katsir dan Ibnu Amer pada kalimat يقبل  dengan memakai  التاء تأنيث dan memakai  التذكير adalah qiraat yang lainnya. 

Pada hari kiamat juga tidak diterima syafaat dari orang lain dan juga tebusan dari orang lain dan orang lain tidak bisa menolong dalam mencegah azab Allah. 

Jadi makna ayat diatas sesungguhnya pada hari kiamat tidak ada yang bisa menggantikan kedudukan diri seseorang oleh orang lain walau sedikit pun. Dan tidak yang bisa menanggung diri seseorang oleh orang lain walu sedikit pun atas apa yang menimpah diri orang itu. Bahkan mereka akan lari menjauh oada hari kiamat dari saudaranya, ibunya,bapaknya.

Jadi makna peringatan pada ayat ini bahwa ketaatan seseorang nanti ketika hari kiamat tidak bisa menolong kepada orang lain yang suka bermaksiat sekali pun yang ditolong itu menjadi kewajiban baginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

هنالك دعا زكريا ربه قال رب هب لى من لدنك ذرية طيبة إنك سميع الدعاء

 هنالك دعا زكريا ربه قال رب هب لى من لدنك ذرية طيبة إنك سميع الدعاء  فنادته الملائكة وهو قائم يصلى فى المحراب أن الله يبشرك بيحي مصدقا بكلمة...