ان الذين أوتوا الكتاب ليعلمون أنه الحق من ربهم وما الله بغافل عما يعملون
Sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang telah diberikan Alkitab pasti mereka mengetahui,sesungguhnya menghadap menghadap Ka'bah adalah sebuah kebenaran dari Tuhan mereka. Dan Allah tidak akan lupa dengan apa yang mereka perbuat.
Para Pembesar agama Yahudi dan pembesar agama Nasrani mereka mengetahui bahwa sesungguhnya menghadap Ka'bah adalah suatu kebenaran dari Tuhan mereka karena sudah Allah jelaskan di dalam kitab mereka (Taurat dan Injil) bahwa Nabi Muhammad SAW solat pernah menghadap dua kiblat tetapi mereka para Pembesar agama Yahudi dan Nasrani menyembunyikan dalam kitab mereka.
وما الله بغافل عما يعملون
Dan Allah tidak akan lupa dari apa yang telah mereka perbuat.
Ibnu Amir, Hamzah ,Kisaa'i membaca kalimat يعلمون menjadi تعلمون karena faedah Lil khirab. Kitabnya ada dua kemungkinan
Pertama khitab kepada orang Mukmin dengan arti "tidaklah Allah lupa wahai orang Mukmin dengan apa yang kamu perbuat diantaranya adalah menuruti perintah menghadap kiblat.
Yang kedua kemungkinan khitab kepada ahli kitab dengan arti " tidaklah Allah lupa wahai ahli kitab atas perbuatan yang telah kamu lakukan diantaranya telah mendengar berita bahwa Rasulullah telah menghadap kiblat ke Ka'bah tetapi kamu dustakan.
Telah membaca qiraat Baquun kalimat يعلمون tetap dengan memakai huruf الياء، dengan pengertian bahwa Allah tidak akan lupa dengan perbuatan ahli kitab atas ayat dibawah ini
ولئن اتيت الذين أوتوا الكتاب بكل آية ما تبعوا قبلتك
Dan sesungguhnya jika kamu (Muhammad) mendatangkan orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang telah diberikan Alkitab (Taurat dan Injil) semua ayat (keterangan-keterangan) mereka tidak akan mengikuti kiblatmu.
Demi Allah jika kamu datang kepada orang-orang yang telah diberikan kitab dengan membawa dalil yang Qat'i dan juga dalil atas kebenaran kamu bahwa sesungguhnya kamu telah beralih kiblat dari Baitul Maqdis ke Ka'bah bahwa itu adalah perintah Allah tetap mereka tidak akan mau solat menghadap Ka'bah dan mereka tidak akan masuk ke agama kamu.
وما أنت بتابع قبلتهم وما بعضهم بتابع قبلة بعض
Dan kamu pun tidak akan mengikuti kiblat mereka. Dan sebagian mereka tidak akan mengikuti kiblat yang lain.
Ayat وما أنت بتابع قبلتهم adalah ayat yang menjelaskan tidaklah kiblat itu di mansukh dan juga diputuskan keserakahan ahli kitab. Bagi orang Yahudi kiblatnya adalah Baitul Maqdis. Dan orang Nasrani kiblatnya adalah arah Timur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar