Rabu, 12 April 2023

ولكل وجهة

 ولكل وجهة

Dan bagi tiap-tiap umat memiliki arah kiblat masing masing.

Telah berkata para sebagian ulama :setiap kaum dari orang muslim arah kiblatnya adalah Ka'bah. Mereka solat menghadap Ka'bah baik dari sebalah kiri ,kanan, arah  timur dan barat.

Berkata para ulama Mutaakhirin : bagi para Rasul dan para Ashabul syariah memiliki arah kiblat masing-masing. Kiblatnya para Malaikat Muqarabin ( Jibril,Israfil dan Mikail) adalah Alarasy. Arah kiblat Malaikat Ruhaniyah adalah Alqursi. Arah kiblat para Malaikat Karabiyin adalah Baitul Makmur. Kiblat para nabi sebelum nabi Muhammad sampai kepada nabi Isa AS adalah Baitul Maqdis. Adapun kiblat engkau (Muhammad) adalah ka'bah juga menjadi kiblat nabi Ibrahim AS.

 هو الموليها

Dia (Allah) yang memerintah menghadap kepadanya (Ka'bah).

Dalam qiraat Abdullah bin Amir Nuhas'i membaca ayat diatas هو مولاها ( Dia yang memerintah menghadap Ka'bah).

Qiraat Ibnu Abbas, Abi Ja'far Muhammad bin Ali Baqri memaknakan ayat diatas اى كل قوم مولى لتلك الجهة ( dimana saja kaum aku perintahkan untuk menghadap Ka'bah)

Ada juga yang yang mengartikan ayat diatas: tiap-tiap arah ada sandarannya

فاستبقوا الخيرات اينما تكونوا يأت بكم الله جميعا أن الله على كل شيء قدير

Maka berlomba-lombalah kamu dalam berbuat kebaikan dimana saja kamu berada. Allah akan datangkan kamu seluruhnya. Sesungguhnya Allah atas segala sesuatu maha kuasa.

Saling berlomba-lombalah wahai umat Muhammad dalam ketaatan dan menerima perkara taat dimana saja kamu berada baik di darat maupun di laut. Dan Allah akan mengumpulkanmu pada hari kiamat, Allah akan balas kamu atas kebaikan. Allah sangat mampu mengumpulkanmu dan yang lainnya.

ومن حيث خرجت فول وجهك شطر المسجد الحرام وأنه للحق من ربك وما الله بغافل عما تعملون

Dan dari mana saja kamu keluar, maka palingkanlah wajah kamu kearah Masjidil Haram. Sesungguhnya itu adalah ketentuan yang benar dari Tuhanmu. Dan Allah tidak pernah lupa dengan apa yang kamu perbuat.

Dari mana saja kamu keluar untuk melakukan perjalanan, maka hadapkanlah wajahmu kearah Masjid Haram. Karena menghadap Masjid Haram adalah sebuah ketetapan yang sudah disepakati dan memiliki hikmah dari Tuhanmu. Dan Allah tidak akan lalai dari apa yang kamu perbuat.

Telah membaca Abu Umar kalimat تعلمون dengan memakai الياء maka menjadi يعلمون faedahnya Lil ghaibah,domirnta kembali ke kalimat kafirun. Karena keingkaran orang kafir terhadap Ka'bah.

Kalau Qiraat Baqun membacanya dengan tetap huruf  التاء faedahnya Lil khitab

ومن حيث خرجت فول وجهك شطر المسجد الحرام

Dan dari mana saja kamu keluar maka hadapkanlah  wajah engkau kearah Masjidil Haram

Dan dari mana saja kamu keluar baik dalam perjalanan,peperangan,baik perjalanan jauh atau dekat maka hadapkanlah wajahmu ketika solat kearah Masdil Haram.

وحيث ما كنتم قولوا وجوهكم شطره

Dan dimana saja kamu berada maka hadapkanlah wajah kamu kearah Masjidil Haram.

Dimana saja kamu berada di belahan bumi baik itu dalam keadaan mukim atau perjalanan baik berada di darat maupun di laut maka hadapkanlah wajah kamu  untuk melakukan solat ke arah Masjid Haram.

Allah menyebutkan kalimat فول وجهك شطر المسجد الحرام sampai 3 kali dalam penyebutannya karena sebagai توكيد ( penguat) menghadap kiblat ke Masjidi Haram ketika solat karena menghapus prasangka fitnah dan syubhat, dan Juga setiap ayat yang satu dan yang lain saling memiliki faedah. 

Ada tiga faedah yang tertanam dari tiga kalimat tersebut diantaranya

Faedah yang pertama dari kalimat yang pertama 

Bahwa Allah menjelaskan kepada ahli kitab bahwa sesungguhnya mereka sebenarnya sudah mengetahui kepangkatan kenabian Muhammad, dan juga sebenarnya mereka sudah mengetahui bahwa kiblat umat Islam adalah Ka'bah yang tertera dalam kitab Taurat maupun Injil.

Faedah yang kedua dari kalimat yang kedua :

Allah menjelaskan bahwa sesungguhnya Allah bersaksi Ka'bah adalah sebagai kiblat umat Islam dan saksi Allah adalah kebenaran, dan dari sejak dulu para Ahli Kitab sudah mengetahui kiblat umat Islam.

Faedah ketiga dari kalimat yang ketiga :

Allah menjelaskan bahwa sesungguhnya Allah memutuskan dalil orang Yahudi dan Musyrikin dengan firmannya dibawah ini لئلا يكون للناس عليكم حجة ( agar tidak ada lagi bagi manusia (Yahudi dan Musyrikin berhujah masalah kiblat kaum Muslimin).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 واتقوا يوما ترجعون فيه الى الله ثم توفى كل نفس ما كسبت وهم  لا يظلمون Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada w...