Jumat, 02 September 2022

قالوا لن تمسنا النار الا اياما معدودة

 قالوا لن تمسنا النار الا اياما معدودة

Dan mereka (Yahudi)  berkata "kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh api neraka kecuali selama beberapa hari saja. 

Berkata Mujahid , orang Yahudi berependapat bahwa umur dunia tujuh ribu tahun, maka dengan demikian Allah Taala mengazab mereka seribu tahun, kalau dihitung hari makan orang Yahudi diazab hanya tujuh hari saja. 

Asma'i adalah sebagian orang Yahudi.Dia menghikayatkan bahwa orang Yahudi menyembah anak sapi selama tujuh hari sehingga orang Yahudi berpendapat bahwa mereka diazab oleh Allah hanya tujuh hari saja. Hikayat itu diriwayatkan oleh Tabrani dan yang lainnya, dengan sanad hasan dari Ibnu Abbas. 

Telah berpendapat Ibnu Abi Khatim, Ibnu Jarir bahwa Ibnu Abbas riwayatnya doif, tetapi yang lebih kuat bahwa orang Yahudi diazab selama empat puluh hari. 

قل أتخذتم عندالله عهدا فلن يخلف الله عهده

Katakanlah kepada mereka wahai paling mulia makhluk (Muhammad) sudahkah kamu (Yahudi) menerima janji dari Allah sehingga Allah tidak akan mengingkari janjinya.

Allah memerintahkan kepada Nabi Muhamaad, bahwa Allah telah memberikan kabar yang autentik kepada Yahudi, entah melalui perjanjian ataupun melalui sumpah, padahal Allah tidak pernah mengikrarkan janji itu(diazab hanya beberapa hari saja). Allah maha suci dari perbuatan dusta baik perjanjian maupun ancaman. Karena dusta itu adalah perbuatan yang yang menunjukan ketidak sempurnaan. Dan itu tidak ada pada Allah. 

ام تقولون على مالا تعلمون

Ataukah kamu hanya mengatakan terhadap Allah apa yang kamu tidak ketahui. 

Ataukah orang Yahudi mengatakan mereka diazab hanya beberapa hari saja itu hanya ucapan mengada ada tanpa dalil yang jelas. 

Atau Yahudi tidak menerima perjanjian dari Allah bahkan yang harus mereka ucapkan adalah kalimat dibawah ini

بلى من كسب سيءة واحاطت به خطيءته

Bukan demikian ( Allah menyiksa hanya beberapa hari saja) bahkan yang benar adalah "barang siapa berbuat dosa dan dia telah diliputi dosanya, mereka itulah penghuni neraka kekal di dalamnya. 

Jadi orang Yahudi menganggap dirinya hanya disiksa di neraka hanya beberapa hari saja itu adalah ucapan yang dibuat buat. Bahkan yang seharusnya mereka ucapkan adalah kalimat بلي ( bener saya akan disiksa selama lamanya). Karena mereka termasuk orang yang selalu berbuat dosa kekufuran dan dosa kekufuran itu sudah meliputinya. Sedangkan orang yang diliputi dosa kekufuran lalu mereka mati maka termasuk golongan ayat dibawah ini

فأولءك اصحاب النار هم فيها خالدون

Mereka itu adalah ahli neraka kekal di dalamnya. 

Jadi mereka yang sudah diliputi dosa besar seperti kufur maka mereka itu ahli neraka yg adalah sebuah kelajiman baginya. Dan mereka tidak bisa keluar di dalamnya. 

Ada pun para pendosa besar selain kufur maka kami ( Allah) yang akan memutuskan ,apakah Allah maafkan orang tersebut. Adapun orang yang suka berbuat maksiat, Allah tawakuf apakah di maafkan atau tidak. Allah mengazab atau menghentikan azabnya itu pendapat para sahabat dan tabiin, ahlu sunnah dan jamaah. 

Telah membaca Nafi kalimat  خطياته dengan memakai kalimat jama dan yang dimaksud dengan  خطيات adalah Allah menyiksa semua jenis bentuk kekufuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 واتقوا يوما ترجعون فيه الى الله ثم توفى كل نفس ما كسبت وهم  لا يظلمون Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada w...