Sabtu, 16 April 2022

وعلم ادم الاسماء كلها

 وعلم ادم الاسماء كلها

Dan Dia mengajarkan  kepada Adam nama-nama (benda) seluruhnya. 

Allah mengajarkan/memberitahukan kepada Adam nama-nama semua yang Allah ciptakan dari berbagai jenis makhluk/sesuatu yang baru. 

Allah juga mengajarkan semua bahasa yang beraneka ragam yang nantinya keturunan Adam menjadikan bahasa sehari-hari. 

ثم ارضهم على الملاءكة

Kemudian Allah mengemukakan nama-nama tersebut kepada malaikat.

Kemudian Allah kemukakan semua benda dan nama-nama dengan cara Allah bentukan nama-nama(benda-benda) kedalam hati malaikat, seakan akan malaikat menyaksikannya.

Atau Allah ciptakan makna nama-nama(benda-benda) yang sudah diajarkan kepada Adam sehingga malaikat menyaksikan nama-nama (benda-benda) tersebut.

فقال أنبءونى بأسماء هؤلاء

Maka Allah berfirman kepada malaikat "sebutkanlah kepadaku nama-nama (benda-benda) itu jika kamu memang orang-orang yang benar ".

Allah berfirman kepada malaikat dengan nada mencela, untuk menyebutkan nama-nama(benda-benda),jika kamu berperasangka bahwa kamu yang lebih berhak sebagai khalifah di bumi dibanding dengan orang yang kami(Allah) pilih

قالوا سبحانك لا علم لنا الا ما علمتنا

Malaikat menjawab " maha suci Engjau (Allah) tudak ada yang kami ketahui kecuali apa yang Engkau ajarkan kepada kami. 

Ucapan malaikat (ayat diatas) bahwa malaikat itu menunjukan ikrar atas kelemahan dirinya. Dirinya lemah dab ketidak sombongan malaikat, merendah di hadapan Allah, tidak dia mengetahui kecuali Allah yang mengajarjannya. 

Dengan mensucikan kepada Allah dengan ucapannya "kami tidak memiliki ilmu kecuali apa yabg Engkau ajarkan kepadaku ".

Ketka malaikat berkata kalimat قالوا أتجعل فيها من يفسد فيها ويسفقك الدماء. Kaliat itu sebenarnya Allah yang mengajarkan malaikat, sehingga malaikat berkata seperti itu, terbukti dengan ucapan malaikat, dengan ucapannya " sesungguh Engkaulah yang mengajarka kami, sesungguhnya mereka hanya berbuat kerusakan di bumi dan mengadakan pertumpahan darah, sehingga kami berkata " أتجعل فيها من يفسد فيها ويسفك الدماء.

Begitu pula masalah penyebutan nama-nama, kami( malaikat),sesungguhnya Engkaulah yang mengajarkan kami, bagaimana cara menyebutkan nama-nama dan bagaimana pula kami mempelajarinya. 

انك انت العليم الحكيم

Sesungguhnya Engkau maha mengetahui dan maha bijaksana. 

Segala sesuatu tidak akan keluar dari ilmu Allah dan bijaksana dengan apa yang Dia ciptakan.

قال ياادم انبءهم بأسماءهم

Allah berfirman "hai Adam beritahukanlah kepada mereka nama-nama ini. 

Allah berfirman "wahai Adam beritahukanlah kepada malaikat nama-nama, maka Adam pun memberitahukan kepada malaikat nama-nama dengan terperinci, dan menjelaskan kepada malaikat keadaan tiap nama nama, manfaat dan hikmahnya yang berhubungan dengan masalah dunia dan akhirat. 

قال ألم أقل لكم أنى اعلم غيب السموات والارض واعلم ما تبدون وما كنتم تكتمون

Allah berfirman " bukankah sudah ku katakan kepadamu sesungguhnya aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu kahirkan dan apa yang kamu sembunyikan.  ?".

Firman Allah الم اقل لكم adalah sebagai موبخا(mencela) kepada malaikat bahwa Allah mengetahui rahasia di langit dan di bumi dan mengetahui apa malaikat lahirka dan sembunyukan,seperti perkataan bahwa malaikat lebih berhak  menjadi khalifah di muka bumi. 

Telah meriwayatkan  Assya'yi dari Ibnu Abbas dan Ibnu Masud, sesungguhnya yang dimakaud firman Allah kalimat ماثبدون ( Allah mengetahui apa yang kamu jihirkan, itu adalah menjelaskan kepada malaikat yang pernah dikataka malaikat  kalimat اتجعل فيها من يفسد فيها

Adapun firman Allah kalimatوما تكتمون  (Dan Allah mengetahui apa yang kami ( iblis) sembunyikan adalah sebagai memperjelas bahwa Allah mengetahui apa yang Iblis sembunyikan diantaranya  rasa sombong terhadap malaikat

Ada juga yang menafsirkan kalimat ماتبدون وما كنتم تكتمون bahwa ketika Allah menciptakan Adam, makaikat melihat penciptaan yang sangat menajubkan dan malaikat pun berkata " jadilah apa yang Allah kehendaki  tidaklah Tuhan kami menciptakan sesuatu  ciptakan suatu ciptaan keculi kami ( malaikat)  memuliakan atas ciptaan nya itu. Perkataan itu disembunyikan oleh malaikat. Dan Allah mengetahui yang diajarkan dengan yg di sembunyikan malaikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

فان كان الذي عليه الحق سفيها او ضعيفا او لا يستطيع ان يمل هو فليملل وليه بالعدل واستشهدوا شهيدين من رجالكم فان لم يكونا رجلين فرجل ومراتان ممن ترضون من الشهداء ان تضل احداهما فتذكر احداهما الاخرى ولا يأب الشهداء اذ مادعو

 فان كان الذي عليه الحق سفيها او ضعيفا او لا يستطيع ان يمل هو فليملل وليه بالعدل واستشهدوا شهيدين من رجالكم فان لم يكونا رجلين فرجل  ومراتان...