(Yaitu kebiasaan mereka berpergian pada musim dingin dan musim panas)
Kalimat ايلافهم menjadi بدل dari kalimat ايلاف awal, karena مبدل منه nya muthlak. Dan بدل nya diikat oleh مفعول به , atau kalimat ايلافهم yang kedua jadi توكيد لفظي
Kalimat رحلة jadi مفعول dari kalimat ايلاف awal
Telah membaca Ibnu Amir kalimat ايلاف dengan لالاف قريش dengan tidak memakai huruf الياء setelah huruf الهمزة .
Telah membaca qiraat Baaqun dengan memakai الياء setelah huruf الهمزة
Telah membaca ijma ulama dengan tetap الياء pada kalimat ايلاف yang kedua
Telah membaca qiraat Aadil dengan mufakat tetap dua huruf yaitu الياء dan الهمزة
Disini para qiraat telah terjadi perbedaan bacaan dalam menetapkan dua huruf الياء dan الهمزة dan menggugurkan dua huruf tadi pada kalimat ايلاف awal beserta i'tifaq para ulama Mashaf dalam penetapan penulisan
Para ulama mufakat atas penetapan huruf الياء pada kalimat ايلافهم kedua beserta mufakat dalam segi mashaf dan menggugurkan huruf الياء dalam segi tulisan.
Pendapat diatas menunjuki sebagai dalil bahwa para ulama qiraat mengikuti Hadits dan Riwayat dan tidak mengandalkan tulisan saja
Telah membaca Abu Jafar kalimat لالف قريش dengan kasrahالهمزة dan sukun الام faedahnya kefahaman
Klu Ibni Amir membaca kalimat لالف القريش dengan dibaca kasrahالهمزة dan sukun الام paedahnya الفهم بزذة كتابهم sebagaimana telah meriwayatkan Ibnu Katsir begitu pula telah meriwayatkan Ibnu Amir
Sebagaimana telah meriwayatkan dari Ukrimah dengan membaca kalimat ليلافقريش dengan huruf الياء dibaca sukun setelah الام
Telah membaca Ukrimah kalimat لياف قريش dibaca fiil mudhore
Tidak ada komentar:
Posting Komentar