Ara aital ladzii yukaddzdzibu biddin
( Tahukan kamu orang yang mendustakan agama)
Kalimat راي yang memiliki arti tahu, manakala diartikanبسرية maka dengan memiliki arti apakah engkau tahu orang yang mendustakan balasan amal, atau mendustakan Islam atau apakah engkau mengetahuinya
Manakala kalimat راي yang memiliki arti tahu diartikan beritakan kepadaku orang yang mendustakan hari perhitungan amal, siapa dia orangnya
Yang menunjukan pendapat tadi diatas adalah qiraat Abdullah bin Masud dengan membaca ارايتك dengan menambah huruf khitab (الكاذ ) dan khitab itu tidak berkaitan dgn بصرية
Telah membaca Nafi dengan enteng huruf الهمزة setelah الرء
Telah membaca al waros dengan menggantikan همزة kepada الذا
Klu kisai membacanya dengan menggugurkan huruf همزة
Orang Arab tidak bisa membaca dengan Paseh kalimat ارايث akan tetapi orang Arab bisa membaca dengan paseh apabila huruf hamzah istifham yang ada pada kalimat tersebuat dibuang. asal bacaan اارايت dibacanya ارايث
Fadzalikalladzii yadu'ul yatim
( maka itulah orang yang menghardik anak yatim)
Huruf الفاء yang berada pada kalimatفذلك adalah sebagai jawab syarat yang dibuang, maka taqdirnya aadalahان اردت ان تعرف الكذب بالحساب فذلك يدفع اليتيم بعنف حقه artinya jika engkau hendak bermaksud ingin mengenal orang yang mendustakanhari perhitungan amal maka mereka itulah irang yang menghardik anak yatim dan melakukan kekerasan terhadap hak anak yatim
Lafad يدع اليتيم boleh dibaca يتركه ولا يدعوه artinya mereka meninggalkan anak yatim dan juga meninggalkan orang membahagiakan bersamanya. Tidaklah membahagiakan orang lain sebuah kewajiban tetapi orang itu terkena cela apabila meninggalkan sunnah
Di baca يدع اليتيم yaitu mereka meninggalkan memberi makan anak yatim, meninggalkan merawat anak yatim dan membuat kekerasan terhadap anak yatim
Tidak ada komentar:
Posting Komentar