( Allah tempat meminta)
Allah tempat meminta dalam segala kebutuha
Telah berkata Ibnu Masud, Dhohak, shamad adalah zat yang kekuatannya tidak terbatas
Berkata Qatadah shamad adalah zat yang kekal setelah semua mahkluk rusak. Dia tidak makan tudak minum, bahkan memberi makan dan tidak diberi makan
Berkata Abi Kaab shamad adalah zat yang tidak mati tidak dilahirkan dia mewariskan langit dan bumi
Berkata Muqatil, Ibnu Hiban shamad adalah zat yang tidak ada aib padanya
Berkata Ibnu Kisan sahamad adalah zat yang tidak disifati dengan satu sifat
Lam yalid
( Allah tidak beranak)
Allah tidak dimulai dari seorang anak karena Allah zat yang tidak ada sejenisnya
Walam yuulad
( tudak dilahirkan)
Allah tidak dimulai dari dilahirkan karena Allah tidak ada yang setimpal dengannya baik awal maupun akhir
Lam yalid tidak ada bagi Allah anak atau melahirkan. Lam yuulad tidak bagi Allah orang tua yang melahirkan yang bisa mewariskan kerajaan
Allah tidak melahirkan dan tidak dilahirkan
Walam yakul lahuu kufuwan ahad
( dan tidak ada sesuatu yang setara dengan dia)
Satu pun di alam ini tidak ada yang serupa dengan Allah dan tidak bersahabat dengan yang lainnya
Maka akan tercegah sesuatu yang ada menyerupai kepada Allah Ta'ala dengan sifat Allah yang agung
Kemudian ayat قل هو الله احد menyangkal pendapat orang Nasrani yang menyatakan Tuhan itu tiga dan juga menyangkal golongan shoibin yang menyatakan Tuhan itu benda luar angkasa dan bintang -bintang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar