Kamis, 10 April 2025

إن الله لا يخفى عليه شيء فى الأرض ولا فى السماء هو الذى يصوركم فى الأرحام كيف يشاء لا إله الا هو العزيز الحكيم

 إن الله لا يخفى عليه شيء فى الأرض ولا فى السماء هو الذى يصوركم فى الأرحام كيف يشاء لا إله الا هو العزيز الحكيم

Sesungguhnya bagi Allah tidak ada satu pun yang tersembunyi di bumi dan tidak pula di langit. Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana yang Dia kehendaki-Nya. Tidak ada Tuhan melainkan Dia yang maha perkasa lagi maha bijaksana. 

Surat Ali Imran ayat 5-6

Dialah (Allah) yang membentukan kamu di dalam rahim sebagaimana yang dkehendakinya, ada yang Allah kehendaki berbentuk pendek, tinggi, baik, buruk, laki-laki, perempuan, bahagia dan susah. 

Allah sampaikan ayat ini dalam rangka menolak kepada kaum Nasrani, bahwa kaum Nasrani mengakui Tuhannya adalah Isa. Mereka mengakui Isa sebagai Tuhan karena ada dua perkara:

1. Isa memiliki ilmu terutama ilmu perkara mengetahui yang gaib

2. Isa kuasa dalam menghidupkan orang yang sudah mati

Isa bisa memberitakan perkara yang gaib seperti ucapan Isa, engkau tadi makan di rumah kamu dengan....ini, ini dan ini. Engkau tadi di rumah kamu melakukan.... Begini, begini dan begini. Dan Isa bisa menghidupkan orang yang telah mati. Isa bisa menyembuhkan orang buta dan penyakit kusta, dan bisa menciptakan burung dari tanah lalu ditulis burung itu lalu terbang. Dengan alasan inilah kaum Nasrani mengakui Isa sebagai Tuhan. 

Kemudian Allah Ta'ala menunjukan dalil untuk menangkal ucapan kaum Nasrani yang menjadikan  Isa sebagai Tuhan juga sebagai anak Tuhan dengan firman-Nya

الله لا إله إلا هو الحى القيوم

Dalil ini menunjukan Tuhan itu sifatnya hidup dengan kekal dan Tuhan itu mengurus semua makhluknya. Tuhan itu wajib hidupnya kekal, sedang Isa tidak bisa hidup kekal. Tuhan itu mengurus semua makhluknya sedangkan Isa tidak mempu. Dengan demikian batallah kedudukan Isa sebagai Tuhan dan sebagai anak Tuhan dalam  perspektif kaum Nasrani. Jadi Isa itu bukanlah Tuhan. 

Ketika kaum Nasrani berkata, sesungguhnya Isa mampu mengabarkan sesuatu yang ghaib sehingga mereka menyatakan Isa adalah Tuhan, maka Allah menolak anggapan itu dengan firman-Nya

أن الله لا يخفى عليه شىء فى الأرض ولا فى السماء

Dengan ayat ini maka tidak lajim Isa mengetahui yang ghaib baik di langit maupun di bumi dan tidak lajim di jadikan Tuhan, karena pengetahuan Isa berasal dari Allah. 

Ketika kaum Nasrani berkata, sesungguhnya Isa bisa menghidupkan orang yang sudah mati, sehingga mereka beranggapan Isa itu Tuhan. Maka Allah tolak perdapat tersebut dengan firman-Nya

هو الذى يصوركم فى الأرحام كيف يشاء

Makna ayat di atas sesungguhnya keberhasilan menghidupkan Isa menghidupkan orang yang sudah mati dan keakuratan ucapan dalam mengetahui yang ghaib tidaklah dijadikan  dalil bahwa Isa itu Tuhan karena keberhasilan itu sebuah ihtimal bahwa Allah hanya memuliakan Isa bisa menghidupkan orang yang sudah mati dan itu hanya menjohirkan mu'juzat dan memulihkan Isa. Jadi Allah lah yang membentukan kamu semua termasuk Isa di dalam rahim sebagaimana yang Allah kehendaki. 

Ketika kaum Nasrani berkata : wahai kaum muslim, kamu sepakat dengan kami bahwa Isa dilahirkan tanpa perantara bapak dari bangsa manusia, maka dengan demikian Isa itu anak Tuhan /Allah. Maka Allah jawab pendapat kaum Nasrani dengan firman-Nya :

هو الذى يصوركم فى الأرحام كيف يشاء

 Maknanya sesungguhnya Allah yang membentuk kamu. Allah membentuk bayi di dalam rahim sebagaimana Dia kehendaki ada melalui perantara air mani bapak. Ada yang Allah kehendaki membentuk bayi dalam rahim tidak melalui perantara air mani bapak. 

Ketika kaum Nasrani berkata kepada Rasulallah SAW : bukankah engkau pernah berkata sesungguhnya Isa adalah ruh Allah dan kalam Allah. Ucapan ini adalah ucapan yang menunjukan mereka beranggapan Isa anak Tuhan. Maka seakan akan Allah menjawab dari demikian tadi : bahwa sesungguhnya ucapan Muhammad adalah ucapan yang masih bersifat mutasyabihat yaitu ucapan yang perlu penta 'wilan/penjelasan lebih lanjut lagi. Maka pendapat kaum Nasrani perlu ditolak karena perlu penta 'wilan terlebih dahulu. 

Dengan demikian untuk menjelaskan Isa ruh Allah dan kalam Allah itu penjelasan masih mutasyabihat. Maka Allah jawab dengan firman-Nya

هو الذى أنزل عليك الكتاب منه ايات محكمات هن أم الكتاب وآخر متشابهات

Dia yang menurunkan Al kitab kepada engkau. Diantaranya ada ayat muhakamat (ayat yang sudah jelas hukumnya) ayat itu sebagai umum kitab dan yang lainnya adalah ayat mutasyabihat.

Untuk menjelasaka  ucapan kaum Nasrani tersebut di atas. Cukup Allah jelaskan dengan firman-Nya

الله لا إله إلا هو الحى القيوم

Ayat ini sebagai isyarah bahwa Isa bukan Tuhan dan bukan pula anak Tuhan.

Adapun firman Allah 

أن الله لا يخفى عليه شىء

Ayat ini sebagai jawaban yang identik dengan ilmu. Tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi dari Allah. Jadi Allah yang maha mengetahui apa yang ada di bumi dan di langit. 

Adapun firman Allah 

هو الذى يصوركم فى الأرحام

 Adalah sebagai jawaban kekehnya pendapat kaum Nasrani Isa bisa menghidupkan orang yang sudah mati dan masih banyak dalil dalil lainnya. Kalaupun Isa bisa menghidupkan orang yang sudah mati itu hanya sekedar amanah atau  mu'jizat yaitu Mu'jizat mampu menghidupkan kaum Yahudi yang di bunuh pada zaman Nasrani.

Sebuah ketetapan keberhasilan Isa menghidupkan seseorang yang sudah mati tidaklah menunjukan Isa itu Tuhan. Klau pun terjadi kekehnya pendapat kaum Nasrani bahwa seseorang yang dilahirkan tanpa seorang bapak, maka tidahlah dikatakan anak itu sebagai anak Tuhan. Maka untuk menjelaskan hal itu seakan akan Allah berkata : bagaimana Isa dikatakan sebagai anak Allah padahal Allah yang membentukan Isa di dalam rahim ibunya, sesuatu yang dibentuk di dalam rahim maka yang membentuk bukanlah bapak dari yang dibentuk. 

Kemudian Allah menjawab atas penyerupaan mereka Isa sebagai anak Tuhan. Allah sempurnakan ayat di atas dengan kalimat tauhidnya sebagai penolakan kepada semua kaum Nasrani dengan firman-Nya 

لا إله إلا هو العزيز الحكيم

Kalimat  العزيز sebagai isyarat  kepda kesempurnaan kuasa Allah. Dan kalimat الحكيم sebagai isyarah kepada ilmu Allah sangat sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

هنالك دعا زكريا ربه قال رب هب لى من لدنك ذرية طيبة إنك سميع الدعاء

 هنالك دعا زكريا ربه قال رب هب لى من لدنك ذرية طيبة إنك سميع الدعاء  فنادته الملائكة وهو قائم يصلى فى المحراب أن الله يبشرك بيحي مصدقا بكلمة...